-->

Pengertian Dan Manfaat Dari Kata Blog, Blogger, Dan Blogging

Di era serba digital dan internet saat ini, banyak pula media yang bisa digunakan untuk berkreasi, salah satunya adalah blog. Blog banyak dikenal sebagai media untuk menulis, berbagai cerita, atau curhat, tapi apakah hanya sebatas itu? Apa ada manfaat yang jauh bisa diambil dari sebuah blog?

Pengertian Dan Manfaat Dari Kata Blog, Blogger, Dan Blogging

Pengertian


Istilah Blog adalah singkatan dari web log, yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa aneka konten atau tulisan yang dipublikasikan (posting) pada sebuah halaman web (template blog). Pada sebuah blog, umumnya postingan diurutkan dari yang terbaru ke yang paling lama, artinya postingan pertama yang dilihat adalah postingan terbaru.

Blog sendiri ada banyak jenisnya, asa blog pribadi yang isinya bebas berdasar keinginan penulisnya, blog bertopik yang membahas pada suatu fokus tertentu, blog media yang isinya bisa berbagai macam informasi, blog rujukan yang berisi link halaman website, dan blog-blog tematik lainnya, bahkan ada juga blog pengganggu atau spam yang digunakan untuk promosi bisnis affiliate.

Media Blog sendiri dipopulerkan pertama kali oleh blogger.com, miliki Pyra labs, yang pada akhir tahun 2002, diakuisisi oleh Google. Semenjak itu, banyak aplikasi open source yang dimanfaatkan untuk perkembangan para penggiat/penulis blog.

Membicarakan soal penulis blog, merekalah yang disebut Blogger. Bila diartikan, blogger adalah seseorang yang biasa menulis artikel untuk dipublikasikan pada sebuah blog. Karena banyak yang menjadi blogger, bahkan ada juga komunitas blogger.

Umumnya komunitas ini berdasarkan atas kesamaan minat atau tema blog dan kesamaan daerah. Bahkan tak jarang mereka melakukan kegiatan bersama atau gathering atau mereka biasa menyebutnya kopi darat.

Blogger juga bisa berarti platform blog gratis yang dimiliki oleh google yaitu blogger.com. Kita tentu mengenal subdomain .blogspot.com, itulah platform blogger.com yang bisa digunakan secara gratis oleh semua orang.

Sedangkan Blogging merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan blogger melakukan pekerjaannya. Blogging menjadi aktivitas blogger untuk menyampaikan karya, gagasan, atau idenya dalam sebuah artikel yang kemudian disajikan dalam website untuk bisa di baca dan di manfaatkan oleh semua orang yang melihatnya (visitor).

Bagi kebanyakan blogger, visitor sangat penting untuk menunjukkan eksistensinya. Apalagi bagi blogger yang menggunakan blog sebagai media untuk mendapatkan keuntungan berupa uang, maka semakin banyak visitor termasuk yang mengikuti blognya, maka semakin besar pula peluangnya mendapatkan banyak pemasukan.

Tetapi tak cukup disitu, perlu juga interaksi yang baik antara visitor dengan blogger ataupun antar visitor sendiri. Itulah fungsi kolom komentar pada sebuah blog. Semakin aktif isi kolom komentarnya, semakin baik kualitas blog tersebut.

Manfaat Dari Blog

  • Blog memiliki beragam manfaat tergantung keinginan masing-masing pembuatnya. Secara umum, blog bermanfaat sebagai media publikasi karya, tulisan, ide, atau gagasan. Tak jarang, sebuah blog bisa begitu menarik perhatian banyak visitor bahkan viral jika dibuat dengan serius. Artinya, kemampuan penulisan seseorang akan bisa semakin tergali dengan rajin melakukan kegiatan blogging.
  • Kolom komentar dalam blog juga sangat bermanfaat untuk interaksi antara blogger dan visitor atau antar visitor itu sendiri. Komunikasi ini tentu baik untuk meningkatkan link pertemanan. 
  • Seseorang yang mungkin tidak ahli berinteraksi sosial, bisa berlatih melalui blog termasuk melalui kolom komentar.

Selain itu, seperti yang sudah disinggung diatas, blog juga bisa bermanfaat untuk sumber penghasilan. Blog menyediakan layanan iklan misanya publisher AdSense dan postingan berbayar yang bisa menjadi sumber pemasukan ekonomi penggunanya.

Namun Blog juga memiliki risiko kejahatan. Blog yang sering dijadikan media untuk menyampaikan pandangan-pandangan penulisnya, bisa menjadi kesempatan untuk para hacker dan pencuri identitas. Bahkan jika tak hati-hati, banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif yang ditemukan dalam sebuah blog.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengertian Dan Manfaat Dari Kata Blog, Blogger, Dan Blogging"

  1. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    BBM : 2B1E7B84

    ReplyDelete